Pages

Banner 468 x 60px

 

Senin, 19 Mei 2014

Pengertian Kepribadian Ganda

0 komentar
Pengertian Kepribadian Ganda | Kepribadian ganda sering juga disebut sebagai Elter Ego, sering juga disebut sebagai pemecahan kepribadian, adalah kondisi dimana kepribadian seorang individu terpecah, sehingga muncul kepribadian baru yang lain. atau lebih mudahnya, mempunyai dua kepribadian, biasanya, dua kepribadian ini saling bertolak belakang
Bisakah seseorang memiliki 2 kepribadian sekaligus? Tentu saja bisa. Seseorang bisa saja memiliki 2 kepribadian atau kita bisa menyebutnya dengan kepribadian campuran. Misalnya dalam menjalani tes kepribadian, kita mendapati kita memiliki 35 % di kepribadian Korelis 30 % di kepribadian Melankolis 15 % di kepribadian Sanguinis dan 10 % di kepribadian Phlegmatis, itu artinya kita memiliki kepribadian Korelis / Melankolis, yaitu watak dominan Korelis dengan watak sekunder Melankolis. Tapi jika seandainya kita memiliki 70 % pada kepribadian Korelis, dan 30 % sisanya ada pada 3 kepribadian yang lain, maka tak perlu ditanyakan lagi bahwa kita memiliki kepribadian Korelis murni.


Seseorang yang memiliki kepribadian campuran biasanya memiliki 2 macam tuntutan dalam dirinya. Hal itu bisa membuatnya memiliki kekuatan yang unik atau malah membuatnya frustasi karna tidak bisa mengendalikan nalurinya yang saling bertabrakan.

Perlu diketahui pula bahwa kepribadian campuran tidaklah sama dengan kepribadian ganda (Multyple Personality). Karna kepribadian campuran adalah kemampuan alamiah sedangkan kepribadian ganda adalah salah satu gangguan jiwa. Kepribadian campuran memiliki 2 naluri yang ada dalam satu waktu dan bisa saling mengkompromikan keinginan. Sedangkan kepribadian ganda memiliki 2 naluri yang datang bergantian dan satu sama lain tidak bertemu dalam satu waktu. Kepribadian campuran adalah sebuah anugrah yang harus kita kembangkan sedangkan kepribadian ganda adalah penyakit yang harus disembuhkan.


1. Sanguinis + Korelis

Kombinasi ini menghasilkan pekerja konsisten yang bisa bersenang-senang. Kepribadian Sanguinis akan mengendurkan ambisi Korelis yang berlebihan untuk mengejar target, sehingga dia masih bisa bercanda saat mengerjakan sesuatu. Sedangkan dorongan Korelis akan menggoda Sanguinis untuk menyelesaikan apa yang sudah dimulai. Keduanya memiliki rasa optimis, mereka yakin dalam jangka panjang segalanya akan beres, mereka sama-sama mendapat energi dari kehadiran orang lain dan bisa maju terus selama ada seseorang didekatnya untuk memuji pekerjaannya.

2. Korelis + Melankolis

Kombinasi ini menghasilkan seorang pekerja handal yang menginginkan segalanya dilakukan dengan cepat dan sempurna, keduanya adalah tipe berorientasi tugas. Watak Korelis akan menyemangati watak Melankolis agar terus melangkah maju bukannya berpikir, sedangkan watak Melankolis akan meredakan keangkuhan Korelis. Orang ini memiliki suasana hati yang berubah-ubah. Jika keadaan berada dalam kendali dan melangkah maju, bagian Korelis akan menikmatinya. Namun secara tiba-tiba ia akan terjungkal dalam tekanan jiwa Melankolis ketika mengalami kekalahan.

3. Melankolis + Phelgmatis

Perpaduan keduanya menghasilkan perfeksionis yang ingin menghindari masalah. Pertikaian batin ini meningkatkan ketidak pastian sisi Phlegmatis dan membuat bagian Melankolis selalu tertekan. Kecenderungan Phlegmatis untuk menunda-nunda dipadukan watak Melankolis untuk memikirkan segalanya secara menyeluruh bisa mencegah kemajuan jenis apapun. Namun jika pemilik kepribadian ini bisa menggunakan kekuatannya secara semestinya, maka perpaduan ini akan menjadi kombinasi kepribadian yang mengagumkan. Kekuatan yang tenang dan kedalaman yang rumit dari watak Melankolis, yang bercampur dengan manis dengan ketenangan yang anggun dan senyuman malu-malu dari watak Phlegmatis. Pemikirannya yang hebat dan kemahirannya memberinya keyakinan akan kemampuannya, tapi sikap rendah hati Phlegmatis mencegahnya menarik perhatian pada diri sendiri. Sikap seenaknya watak Phlegmatis melunakkan kebutuhan watak Melankolis untuk gigih hingga mencapai kesempurnaan, dan dorongan Melankolis untuk mengorganisasi dan pencapaian memotivasi watak Phlegmatis untuk mengambil tindakan.

4. Phlegmatis + Sanguinis

Perpaduan ini merupakan perpaduan yang paling memikat dan menyenangkan. Keduanya berorientasi pada hubungan dan tak ada satupun yang punya dorongan untuk mencapai prestasi. keduanya sama-sama bisa bersenang-senang ketika menjalankan proyek yang serius dalam kehidupan. Keduanya sama-sama punya rasa humor, dan kalau dipadukan keduanya jadi suka pamer dengan kepandaian bicara yang cepat dan kemampuan untuk melontarkan kalimat yang akan menggemparkan. Sikap rendah hati Phlegmatis melunakkan sifat egois Sanguinis, dan percakapan Sanguinis yang warna-warni mengeluarkan watak Phlegmatis dari persembunyiannya
 
Ada beberapa ciri-ciri yang mengindikasikan seseorang mempunyai kepribadian ganda, berikut ini adalah beberapa Ciri-ciri seseorang punya kepribadian ganda:


  • Sering berubah sikap dan kelakuan hanya dalam dalam rentan waktu yang cukup singkat
  • Terdapat dua identitas atau kesadaran yang berbeda
  • Terdapat Ketidakmampuan mengingat sesuatu yang berkaitan dengan dirinya dan sering dianggap hanya sebagai lupa biasa

0 komentar:

Poskan Komentar