Pages

Banner 468 x 60px

 

Minggu, 20 April 2014

Pohon Dengan Bentuk Unik di Dunia

0 komentar

Biasanya pohon memiliki bentuk yang beraneka macam, ada yang tampak biasa-biasa saja, tetapi ada pula beberapa spesimen pohon yang terlihat lebih luar biasa dan menakjubkan. Tak tanggung-tanggung, bahkan beberapa pohon unik yang ditemukan di berbagai belahan dunia ini terbilang sangat aneh dan spektakuler. Hanya saja banyak orang yang tidak menyadari sifat misterius mereka, baik dari ukurannya yang aneh atau bentuknya yang tak biasa. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini ada delapan pohon teraneh yang pernah di jumpai di segenap penjuru dunia.
1. Pirangi Cashew Tree, Brasil
Maior Cajueiro do Mundo 2011
By Mateus S Figueiredo (Flickr: Maior Cajueiro do Mundo), via Wikimedia Commons
Pohon mete terbesar di dunia atau Pirangi Cashew adalah mete pohon di Utara Pirangi, Rio Grande do Norte , Brasil. Pada tahun 1994 pohon Memasuki Guinness Book of Rekaman. Ini mencakup area antara 7.300 meter persegi dan 8.400 meter persegi (sekitar 78.000 sampai 90.000 kaki persegi). Memiliki ukuran 70 Biasanya ukuran pohon mete, memiliki lingkar 500 meter (1.650 kaki). Uniknya, pohon ini menyebar diatas tanah. Tidak seperti pohon lainnya, diciptakan oleh pertumbuhan ke arah luar pohon yang ketika membungkuk ke arah tanah (karena berat badan mereka), sementara cabang-cabang mereka cenderung untuk mengambil akar baru di mana ia menyentuh tanah. Hal ini dapat dilihat dalam gambar interior. Sekarang sulit untuk membedakan batang awal dari sisa pohon. Dikatakan pohon itu ditanam pada tahun 1888. Namun, berdasarkan sifat pertumbuhannya, ia juga percaya bahwa "pohon itu diperkirakan berusia lebih dari seribu tahun.". Pohon menghasilkan lebih dari 60.000 buah setiap tahun.

2. Baobabs, Madagaskar
Allée des Baobabs
By Gloumouth1 (Karya sendiri), via Wikimedia Commons
Baobabs, dengan bentuk khas mereka, adalah salah satu kelompok pohon yang paling karismatik di dunia. Spesimen tertentu ini, yang terletak di Madagaskar, disebut sebagai 'Teapot Baobab'. Pohon-pohon ini tetap berdaun sepanjang tahun, dan batang mereka yang tebal, kembung, serta api-tahan dapat menyimpan air selama bulan-bulan kemarau. Bahkan salah satu batangya ada yang dapat menampung orang didalamnya.

3. Silk Cotton Trees of Ta Prohm, Kamboja
Taprohm-2007-11-02
By Johannes Janning (Germany), via Wikimedia Commons
Ta Prohm Temple atau the Jungle Temple yang berlokasi di Komplek Angkor Thom mempunyai pepohonan yang tumbuh dengan cara yang paling mengejutkan. Tidak ada kata yang bisa menjelaskan sampai Anda menginjakkan kaki di sana dan melihatnya sendiri. Rupanya, tempat itu telah ditinggalkan yang selama ratusan tahun dan hasilnya luar biasa dari apa yang Anda lihat sekarang di tempat yang juga disebut Taman Arkeologi Angkor. Pada setiap sisi, dalam skala fantastis, batang-batang pohon kapas sutra menuju ke angkasa membubung tinggi di bawah naungan hijau gelap, akarnya yang melingkar tak berujung lebih mirip reptil dari tanaman.

4. Tree of Life, Bahrain
Tree of Life Bahrain
By Alawadhi3000, via Wikimedia Commons
Tree of Life atau yang lazim kita sebut Pohon Kehidupan adalah salah satu misteri dunia yang terikat dalam daftar pohon yang paling tidak biasa di seluruh dunia! Pohon mesquite tua yang berumur empat abad ini bertahan di tengah-tengah padang pasir tanpa ketersediaan air. Misteri kelangsungan hidup pohon itu telah membuatnya menjadi legenda dan nama "pohon kehidupan" benar-benar sesuai untuk pohon, benar-benar merupakan keajaiban hidup. Sebuah legenda juga melekat pada tempat di mana pohon itu berada. Penduduk setempat percaya dengan hati dan jiwa bahwa ini adalah lokasi sebenarnya dari Taman Eden. Pohon itu telah menjadi atraksi turis lokal, pasalnya merupakan satu-satunya pohon besar yang tumbuh di daerah tersebut. Diperkirakan, pohon itu dikunjungi oleh sekitar 50.000 wisatawan setiap tahun dan pohon sering rusak oleh ukiran grafiti. Hal ini juga diyakini sebagai situs untuk kultus berlatih ritual kuno. Sejak Oktober 2010, arkeolog telah menemukan tembikar dan artefak lainnya di sekitar pohon, beberapa di antaranya mungkin telah ada sejak peradaban Dilmun.

5. Dragon Tree, Pulau Canary
Dragon tree 2
By Shafei at ar.wikipedia [Public domain], from Wikimedia Commons
Dragon Tree ditemukan di Vinos de los di Tenerife, salah satu dari Kepulauan Canary, dan katanya berumur antara  650 Sampai 1.500 tahun. Spesimen ini mewarisi nama ini dari asal-usul mitos: Herculesharus membawa kembali tiga apel emas dari taman Hespérides, yang dijaga oleh Landon, naga berkepala seratus. Hercules membunuh Landon dan darahnya mengalir di atas tanah, yang kemudian menumbuhkan Dragon Tree. Pohon itu memancarkan "Darah Naga" - sebuah getah merah saat dipotong.

6. German Sherman, Sequila National Park
growwings.blogspot.com
Berumur sekitar  2500 Tahun dengan tinggi 275 kaki (83,8 meter), terletak di Giant Forest di Sequoia National Park di Amerika Serikat. Pada bulan Januari 2006, cabang terbesar di pohon ini terputus. Bagaimanapun, kerusakannya tidak bisa mengubah status General Sherman sebagai pohon terbesar! Pohon yang menakjubkan ini memiliki dasar batang yang berukuran 102 meter di lingkarnya.

7. Axel Erlandson’s Circus Trees
carlygoogles.blogspot.com
Axel Erlandson (15 Desember 1884 - 28 April 1964) adalah seorang petani Amerika Swedia yang berbentuk pohon sebagai hobi, dan membuka sebuah atraksi hortikultura pada tahun 1947 diiklankan sebagai "Lihat Dunia Aneh Pohon sini," dan diberi nama "The Pohon Circus." Semangat Axel Erlandson untuk mematung pohon, juga dikenal sebagai arborsculpture, membimbingnya untuk membuka atraksi hortikultura pada 1947 di dekat Santa Cruz, California bernama The Tree Circus dan orang-orang berkumpul dari seluruh penjuru negeri untuk melihat kreasinya yang aneh dan mencolok. Menggunakan satu set keterampilan khusus, Erlandson mulai mengukir sesuatu yang tidak biasa, Pohon-pohon yang masih hidup. Satu pohon yang terkenal adalah "Basket Tree". yang sebenarnya adalah enam Sycamores dicangkokkan bersama di 42 koneksi yang berbeda untuk memberikan bentuk keranjang tersebut. Pohon-pohon muncul di kolom Robert Ripley Believe It or Not! sebanyak dua belas kali. Pohon-pohon dipindahkan ke Gilroy Gardens pada tahun 1985.


8. The Tree of Tule, Meksiko
Tronco-Detalles-Árbol-del-Tule-Oaxaca-Mexico
By User:Gengiskanhg (Photograph taken by me), via Wikimedia Commons
El Arbol del Tule atau The Tree of Tule adalah sebuah pohon yang terletak di halaman gereja di pusat kota Santa María del Tule di Oaxaca di negara bagian Meksiko, sekitar 9 kilometer sebelah timur dari kota Oaxaca di jalan menuju Mitla. Ini adalah spesimen pohon tertua yang sekaligus sebagai pohon terbesar di dunia. Pohon ini diperkirakan telah berusia sekitar 1400-1600 tahun dengan diameter batang mencapai 14.05 meter. Ini adalah cemara Montezuma (Taxodium mucronatum), atau ahuehuete (yang berarti "orang tua dari air" dalam Nahuatl). Pada tahun 2001 itu ditempatkan pada UNESCO daftar sementara dari Situs Warisan Dunia. Mungkin ini bukan yang terbesar atau pohon tertua di dunia, tetapi tidak memiliki pesaing untuk penghargaan penampang terluas yaitu sekitar  164 meter di lingkar.

Suber One web

0 komentar:

Poskan Komentar