Pages

Banner 468 x 60px

 

Minggu, 19 Januari 2014

Peradaban Misteri dan Maju di Masa Lampau

0 komentar

Akhir-akhir ini banyak penemuan-penemuan arkeologi yang begitu mencengangkan dan membuat mata dunia tertuju pada penemuan baru tersebut. Banyak pertanyaan-pertanyaan yang muncul setelah prasasti-prasasti tersebut ditemukan, dari mulai; bagaimana cara membangun/membuatnya ?, siapa sesungguhnya yang membangun karya monumental tersebut ?, lalu untuk tujuan apa, prasasti-prasasti itu bibuat/dibangun ,? bahkan sampai pertanyaan yang mendasar yaitu, mengapa peradaban sekarang tidak memiliki teknologi untuk membuat karya-karya yang sama ?. Jangankan untuk membuat yang sama, untuk merekonstruksinyapun masih sangat sulit. Cepat atau lambat tabir ini akan terbuka lebar. Berikut beberapa Prasasti peninggalan peradaban lampau yang populer.

Piramida Giza di Mesir
Picture
Apabila kita pernah mengetahui tentang Piramida Giza di Mesir tentunya kita sudah merasa tidak aneh karena dari kita sekolah dasar pun kita sudah pernah mengetahuinya. Namun apabila kita dalami lebih jauh tenyata masih banyak misteri yang masih belum terjawab tentang piramida yang satu ini. Apa saja misteri di balik Piramida Giza ini.

Garis Nazca
Picture
Apa maksud dari pola yang terdapat di dataran tinggi Nazca ?. Apakah sebuah jalur untuk irigasi ?, kalender perbintangan ?, ataukah sebagai bagian dari cara ritual yang dilakuan oleh orang-orang pada saat itu ?, terlebih Nazca adalah tempat suci. Apapun itu pasti ada jawabnya.

Pumapunku
Sepintas prasasti ini tidak berbentuk bagaikan sebuah puzzle yang tercerai-berai. Lalu apa istimewanya tumpukan batu tersebut ?, yang kabarnya para ahli pun masih belum bisa menyatukan bagian-bagian dari prasasti tersebut ke bentuk semula. Lalu apa hubunganya dengan peradaban maju dimasa lampau?


Machu Picchu Inca
Picture
Pada ketinggan 2350 mdpl berdirilah sebuah karya monumental yang dibangun sekitar tahun 1450 Masehi oleh bangsa Inka. Sepintas tidak ada yang aneh dengan monumen kota tua ini, namun ternyata masih ada hal misterius yang terselubung dibalik kokohnya batu-batu yang disusun rapih di dataran tinggi tersebut.


Piramida Maya Palenque
Picture
Dari bentuknya, sepintas Piramida ini hampir mirip dengan Candi Sukuh di Indonesia walaupun memang Piramida Maya Palenque lebih besar dari pada candi Sukuh. Ilmuan berpendapat bahwa Piramida ini sangat berhubungan erat dengan Astronomi dan perbintangan dan memiliki selubung misteri yang tidak kalah hebatnya dengan Piramida Giza.

Borobudur
Picture
Kita patut berbangga karena bangsa kita pun ternyata memiliki peradaban kuno yang maju serta masyur di Dunia. Tidak lain dan tidak bukan, Candi Borobudur, Candi/Kuil Budha terbesar di Dunia. Sempat menjadi salah satu "Tujuh Keajaiban Dunia", Borobudur menunjukan "taringnya" sebagai salah satu hasil dari teknologi yang maju pada masanya.
Dari beberapa prasasti di atas, sudah sangat mengindikasikan bahwa peradaban lampau tidak bisa di pandang sebelah mata bahkan beberapa karya prasasti tersebut sangat menginspirasi dalam pengembangan teknologi dan kearifan lokal yang berkembang pada peradaban masa kini.

Sumber: peradaban..weebly.com (Oleh Muji Ferry Sucipto).

0 komentar:

Posting Komentar