Pages

Banner 468 x 60px

 

Minggu, 19 Januari 2014

Bahaya Memperkenalkan Gadget Untuk Balita

0 komentar


Dengan kesibukan orang tua masa kini yang terlalu padat dengan jadual pekerjannya membuat para orang tua cendrung kurang paham atau bisa menjaga dan mengasuh anaknya. Orang tua jaman sekarang menggunakan segala cara untuk membuat Si Anak tidak mengganggu rutinitas pekerjaan orang tuannya, dengan dunia teknologi jaman sekarang Gadget mudah dan murah untuk didapat, membuat para orang tua memberikan Anaknya Gadget untuk mainan si anak agar mau diam. Terlalu banyak menggunakan gadget akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan anak. Berikut adalah dampak-dampak yang ditimbulkan jika anak terlalu banyak menggunakan gadget.

1. Merusak Penglihatan mata si anak 

 kita tau bahwa HP, Tablet maupul komputer jika kita terus gunakan maka akan dapat merusak mata kita akibat paparan cahaya yang terus mengenai mata. tentu sayang sekali jika anak anda mengalami hal tersebut. dengan masa depan anka yang begitu panjang tentu kita tidak tega melihat anak kita pakai kaca mata. 

2. Dapat Mengakses informasi Tidak Sepatutnya

Gadget yang dilengkapi dengan akses  internet tentunya dapat mengakses situs-situs yang tidak sepantasnya di lihat oleh anak kecil, apa jadinya jika si anak melihat kekerasan, pelecehan atau membaca dan melihat gosip-gosip dan info yang tidak penting di dunia maya.

3. Mengurangi kecerdasan

Dengan terlalu banyak menggunakan gadget, anak akan semakin bergantung dan tidak mau dan tidak mampu mengandalkan kemampuannya sendiri. Sebagai contoh adalah penggunaan kalkulator. Jika terlalu banyak menggunakannya, bisa jadi seorang anak tak mampu menghitung meskipun hanya operasi bilangan sederhana.

4. Menyebabkan obesitas

Dengan terlalu banyak bermain gadget, aktivitas fisik anak akan semakin berkurang. Mereka hanya akan duduk dan tidak melakukan kegiatan fisik lain. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya obesitas pada anak-anak.

5. Tak bisa beradaptasi dengan lingkungan

Jika waktu anak terlalu banyak mereka gunakan untuk bermain gadget, mereka akan lebih menikmati kehidupan ‘virtual’nya. Sedangkan mereka harus berinteraksi dengan orang lain di dunia nyata. Hal ini kemudian dapat memicu terjadinya stress, depresi serta rasa kesepian.

6. Mengganggu rutinitas anak

Jika terlalu sering memainkan gadgetnya, jadwal anak untuk makan, tidur dan mengerjakan PR akan terganggu. Perbolehkan putra-putri Anda bermain gadget, namun berikan batasan dan tetap latihlah mereka untuk disiplin.

7. Kecanduan gadget

Jika anak Anda sudah kecanduan terhadap gadget, akan sangat sulit untuk memisahkan mereka dengan mainannya. Sedangkan berbagai hal negatif telah mengincar mereka jika terus menggunakan gadget. Maka dari itu, cegah putra-putri Anda dari kecanduan gadget ini.

Itulah beberapa hal yang harus disadari dari terlalu banyak menggunakan gadget bagi anak-anak. Dampak buruk mulai dari kegemukan hingga tidak mampu berinteraksi sosial merupakan sebuah peringatan untuk memberikan porsi secukupnya dalam mengonsumsi fasilitas-fasilitas yang ditawarkan oleh gadget. Mulai sejak dini biasakanlah anak anda tidak mengenal gatget. berikan pengalaman di luar seperti bermain di taman maupun berolah raga tentunya itu sangat mendukung perkembangan si anak.

0 komentar:

Posting Komentar