Pages

Banner 468 x 60px

 

Sabtu, 19 Oktober 2013

Proses Radiasi Matahari ke bumi

0 komentar
Dalam Hal ini kita akam membahas mengenai Radiasi dimana Matahari merupakan sumber panas utama planet bumi. Pancaran panas matahari masuk ke bumi melalui atmosfer kemudian sampai ke permukaan bumi. Panas yang dipancarkan matahari tidak sepenuhnya diterima oleh permukaan bumi, ada panas yang dipantulkan kembali oleh zat di atmosfer ke luar angkasa. Proses pemanasan permukaan bumi melalui beberapa cara yaitu secara langsung dan tidak langsung. 


Proses pemanasan secara langsung diantaranya melalui proses absorpsi, refleksi dan difusi.
Absorpsi adalah penyerapan panas matahari oleh unsur-unsur di atmosfer yang menyerap radiasi tersebut seperti oksigen, nitrogen, ozon, hidrogen dan debu.
Refleksi adalah pemanasan matahari oleh udara/atmosfer kemudian dipantulkan kembali ke angkasa oleh butir-butir air di atmosfer.
Difusi adalah proses penyebaran sinar/panas matahari ke segala arah oleh atmosfer. Sinar gelombang pendek warna biru merupakan gelombang yang dihamburkan paling baik oleh lapisan udara sehingga langit akan berwarna biru pada siang hari.



Proses pemanasan secara tidak langsung terjadi melalui beberapa proses juga  seperti konduksi, konveksi, adveksi dan turbulensi.
Konduksi adalah perambatan panas matahari pada lapisan udara bawah kemudian mengalirkannya ke lapisan udara di sekitarnya.

Konveksi adalah perambatan panas oleh gerakan udara secara vertikal.

Adveksi adalah perambatan panas oleh gerakan udara secara horizontal.


Turbulensi adalah perambatan panas oleh udara yang tidak teratur atau berputar-putar ke atas.

0 komentar:

Poskan Komentar