Pages

Banner 468 x 60px

 

Sabtu, 18 Mei 2013

fotosintesis pada tumbuhan berdaun hijau

0 komentar

Fotosintesis adalah proses pengubahan energi dari cahaya matahari menjadi energi yang disimpan di dalam ikatan kimia (energi kimia). Persamaan umum yang menggambarkan fotosintesis adalah:

cahaya + 6H2O + 6CO2 ---> C6H12O6 + 6O2

C6H12O6 adalah glukosa. Kadang-kadang ditulis sebagai CH2O atau (CH2O)n. Ini adalah rumus umum untuk glukosa atau semua karbohidrat.

Proses fotosintesis dimulai pada pigmen penyerap cahaya pada kloroplas yang disebut klorofil. Sebuah molekul pigmen ini mampu menyerap energi cahaya hanya dalam kisaran sempit panjang gelombang. Agar dapat menyerap seluruh lebar pita panjang gelombang cahaya, maka tumbuhan juga membentuk pigmen-pigmen lain. Jadinya pada tumbuhan terdapat berbagai macam pigmen seperti klorofil a, klorofil b yang keduanya berwarna hijau, karotenoid yang berwarna merah, jingga, atau kuning. Ketika cahaya diserap oleh salah satu pigmen ini, energi cahaya disimpan di dalam elektron-elekton yang membentuk atom-atom molekul pigmen tersebut.

Elektron-elektron berenergi ini (disebut juga elektron tereksitasi) bersifat labil dan hampir dengan segera memancarkan kembali energi yangterserap itu. Energi itu kemudian diserap lagi oleh elektron-elektron dari molekul-molekul pigmen lain di sekitarnya. Proses penyerapan energi, lalu diikuti segera dengan pemancarannya berlangsung berulang-ulang secara terus menerus sehingga energi dari satu molekul pigmen pindah ke molekul pigmen lainnya. Proses ini berakhir ketika energi diserap oleh salah satu dari dua molekul klorofil a khusus, yaitu P680 atau klorofil P700.
vidio fotosintesis

Kedua klorofil a itu dinamai berdasarkan angka yang menunjukkan panjang gelombang yang secara maksimum dapat diserap oleh molekul pigmen tersebut secara maksimum (680 nanometer atau 700
Nanometer). Kedua molekul klorofil ini juga berbeda dengan molekul pigmen lain karena keterkaitannya dengan molekul-molekul pigmen lain yang ada disekitarnya. Bersama-sama dengan pigmen lain, klorofil P700 membentuk sebuah kelompok pigmen yang disebut fotosistem I (PS I), sedangkan P680 membentuk fotosistem II (PS II).

0 komentar:

Posting Komentar