Pages

Banner 468 x 60px

 

Selasa, 07 Mei 2013

Fase-fase pertumbuhan bakteri

0 komentar
Jika keadaan baik, hampir semua bakteri mampu berkembang biak dengan amat cepat.  Waktu yang diperlukan untuk membelah menjadi dua disebut waktu generasi (Ex. E.coli 20 menit, M. Tuberculosis 15-20 jam). Waktu generasi berbeda menurut  jenis organisme, kadar nutrien dalam medium dan suhu inkubasi. Selain itu
pH, oksigen bagi yang bersifat aerob juga berpengaruh. Fase-fase pertumbuhan bakteri jika diinokulasikan ke medium biakan:
ü  fase tenggang (lag fase) adalah periode penyesuaian pada lingkungan, lamanya fase ini tergantung pada macam bakteri, umur biakan dan nutrien yang terdapat dalam medium. Sel mulai mensintesis enzim yang dapat dirangsang dan menggunakan cadangan makanan.
ü  fase logaritma, adalah fase pembiakan yang cepat. Pada fase ini waktu generasi tetap tidak berubah bagi setiap jenis.
ü  Fase stasioner adalah jika laju pembiakan sama dengan laju kematian, sehingga jumlah keseluruhan bakteri akan tetap. Hal ini disebabkan oleh menyusutnya nutrien dalam medium, penumpukan limbah metabolisme dan mungkin meracun, ketersediaan oksigen mungkin menurun (aerob), endospora terbentuk pada marga yang membentuk spora, bentuk involusi (abnormal) akan muncul.
ü  Fase kematian, jika laju kematian melampaui laju pembiakan, banyaknya bakteri menurun.

0 komentar:

Posting Komentar