Pages

Banner 468 x 60px

 

Kamis, 09 Mei 2013

cara pemeliharaan cabe

0 komentar
Penyiangan dan Pemupukan
Pupuk untuk tanaman cabai diberikan bersamaan dengan penyiangan. Cara pemberiannya dengan membenamkan pupuk di sekeliling tanaman dengan jarak 5 cm. Pupuk diberikan setelah cabai berumur 2 bulan di kebun, dengan jumlah Urea, SP36 dan Kcl masing-masing 1 sendok teh. Kemudian setiap 30 hari sekali dilakukan pemupukan sehingga sampai panen dilakukan pemupukan 5-7 kali.
  Penanggulangan Hama dan Penyakit
Tanaman cabai termasuk tanaman yang banyak hama dan penyakitnya. Oleh sebab itu agar tidak terserang maka harus selalu disemprot dan kebun harus bersih.
Beberapa hama/penyakit yang menyerang adalah :
- Hama penyebab daun keriting, yaitu serangga yang disebut thrips, kutu daun dan tungau.
- Trhips menyerang dengan cara mengisap cairan, sehingga daunnya menjadi keriting. Jika serangan masih bisa diobati maka disemprot dengan obat Perfekthion 400 EC yang dapat dibeli di toko dengan dosis 1,5 – 2 ml obat dilarutkan dalam 1 liter air.
- Ulat grayak menyerang daun hingga habis dimakan. Pengendalinya dengan cara menjaga keberhasilan lingkungan atau dengan penyemprotan Decis 2,5 EC (Emulsion Concentrate) yaitu obat pembunuh ulat dan dapat dibeli di toko pertanian. Untuk penyemprotan diperlukan 0,5 – 1 ml obat tersebut dilarutkan dalam 1 liter air.
- Lalat buah yang menyerang buah cabai bisa menyebabkan cabai busuk dengan belatung. Dari luar tampaknya buah cabai masih mulus, padahal didalamnya sudah busuk. Agar supaya tidak terserang lalat buah maka cara pengendaliannya dengan menjaga kebersihan lingkungan, atau disemprot dengan Hostathion 40 EC dengan takaran 1 – 1,5 ml obat dilarutkan dalam 1 liter air.
Sedangkan penyakit yang sering menyerang cabai adalah :
- Layu bakteri, akibat serangannya maka tanaman cabai bisa layu mendadak, kemudian batangnya membusuk. Cara penanggulangannya dengan menjaga agar air jangan tergenang di sekitar tanaman atau pencelupan bibit ke dalam larutan Agrimicin 1,2 gram dalam 1 liter air.
- Penyakit patek, menyebabkan buah keriput dan mengering pencegahannya dengan cara menjaga kebersihan lingkungan.

0 komentar:

Posting Komentar