Pages

Banner 468 x 60px

 

Jumat, 22 Februari 2013

Petunjuk yang membuktikan adanya Evolusi

0 komentar

1.       Fosil
        Merupakan sisa tubuh makhluk hidup yang teah membatu. Berdasarkan jenisnya, fosil dibedakan atas fosil biologis dan fosil sisa. Contoh penggunaan fosil seperti pada fosil kuda. Kuda dapat menggambarkan perubahan yang lengkap sejak:
        Hyrachoterium – Mesohippus – Mercyhippus – Pliohippus – Equus (kuda modern)

2.       Perbandingan morfologi
        Merupakan perbandingan pada struktur bentuk tubuh makhluk hidup. Homologi merupakan persamaan pada struktur bentuk suatu bagian tubuh, tetapi memiliki suatu fungsi yang berbeda dari satu keturunan yang sama. Analogi adalah pengertian sebaliknya, yaitu memiliki kesamaan pada struktur dan fungsi, tetapi bentuk dan asal dari hewan yang berbeda, dan tentu saja berasal dari keturunan yang berbeda pula.

3.       Perbandingan embriologi
        Contohnya pada perkembangan awal embrio yang terjadi pada hewan vertebrata. Berdasarkan tempat terjadinya evolusi, ada dua mekanisme, yaitu tidak terjadi di dalamsuatu individu dan terjadi di dalam suatu populasi. Populasi merupakan tempat terjadinya evolusi yang merupakan bagian terkecil yang dapat berevolusi.
        Pada proses evolusi terjadi perubahan frekuensi gen. Frekuensi gen dalam populasi dikatakan seimbang jika perbandingan antara genotipe dalam suatu populasi tidak berubah dari satu generasi ke generasi. Bila keadaan itu terjadi, berlaku hukum Hardy Weinberg. Selain itu, frekuensi ada dalam keadaan seimbang jika:
1.       Tidak terjadi mutasi
2.       Tidak terjadi migrasi
3.       Tidak terjadi seleksi
4.       Terjadi perkawinan acak
5.       Harus dalam populasi yang besar
               
Dalam hukum Hardy Weinberg, untuk mencari frekuensi alel yang belum diketahui dapat menggunakan rumus p + q = 1 maka p= 1 – q dan q= 1 – p, sedangkan untuk mencari total frekuensi genotipe digunakan rumus p2 + 2pq + q2 = 1.

Terbentunya spesies baru dapat terjadi karena beberapa faktor yang memengaruhi, seperti isolasi waktu, isolasi geografi, mutasi kromosom, dan domestikasi.

Berikut beberapa bukti adanya evolusi.
1.       Ditemukannya berbagai fosil dari berbagai lapisan bumi yang menunjukkan perubahan secara bertahap.
2.       Adanya variasi antara satu individu dengan yang lain dalam satu keturunan.
3.       Adanya homologi pada organ sistem makhuk hidup.
4.       Adanya pengaruh penyebaran geografis.

0 komentar:

Posting Komentar