Pages

Banner 468 x 60px

 

Kamis, 07 Februari 2013

pengertian tanah menurut para ahli

0 komentar
Tanah (hardjowigeno,1987)adalah kumpulan dari benda alam dipermukaan bumi yang tersusun dalam horison-horison, terdiri dari campuran bahan mineral, bahan Organik, air dan udara, dan merupakan media untuk tumbuhnnya tanaman.
Ilmu tanah menjadi ilmu yang sangat luas, sehingga untuk dapat mempelajari dengan baik perlu pengelompokan lebih lanjut ke bidang-bidang yang lebih khusus. Beberapa bidang khusus dalam ilmu tanah tersebut antara lain, adalah;
Fisika tanah ; mempelajari sifat-sifat tana seperti tekstur tanah, struktur, konsistensi, kandungan dan gerakangerakan air daalam tanah, suhu tanah dan lain-lain.
Kimia tanah; mempelajari sifat-sifat kimia tanaah seperti kemasaman tanah, kejunahan basa, unsur-unsur hara dalam tanah dan lain-lain.
Kesuburan tanah; mempelajari hubungan unsur-unsur hara dalam tanah dengan pertumbuhan tanaman, pemupukan dan usaha-usaha lain dalam memperbaiki sifat-sifat tanah dan pertumbuhan tanaman.
Mikrobiologi tanah ; mempelajari kehidupan mikro organism dalam tanah terutama yang berpengaruh terhadap-sifat-sifat tanah dan pertumbuhan tanaman.
Pengawetan tanah dan air; Mempelajari jenis dan proses-proses erosi, akibat erosi, usaha-usaha pencgahan erosi atau usaha pengawetan tanah dann air.
Mineralogi tanah; mempelajari jenis da sifat-sifat mineral yang terdapat dalam tanaah , pengaruhnya terhadap sifat-sifat tanah lain serta pengaruhnya terhadap pertumbuhan tanaman.
Genesis dan klaifikasi tanah ; mempelajari proses-proses pembentukan tanah dan factor-faktor pembentukannya, klasifikasi tanah, serta penggunaan klasifikasi tanah dalam surfai tanah.
Geografi tanah; mempelajari penyebaran jenis-jenis tanah secara geografis, dan dikaitkan dengan faktorfaktor pembentukannya.
Survai  tanah dan evaluasi lahan; mempelajari sifat-sifat tanah dilapangan mengklasifikasika tanah kedalam system klasifkasi tanah tertentu , mengelompokan tanah-tanah yang sama serta menggambarkan penyebarannya disuatu daerah dalam suatu peta tanah, mengevaluasai kemampuan dan kesesuaian untuk berbagai penggunaan, membuat rekomendasi penggunaan dan pengelolaan tanah.

0 komentar:

Posting Komentar