Pages

Banner 468 x 60px

 

Jumat, 22 Februari 2013

pengertian evolusi mahluk hidup

0 komentar
Evolusi adalah perubahan genotipe pada suatu kelompok populasi yang berlangsung secara perlahan-lahan dan membutuhkan waktu yang lama.
                Teori evolusi Lamarck menyebutkan bahwa perubahan sifat dapat diwariskan. Organ yang mengalami perubahan akan berkembang makin sempurna jika terus-menerus dipakai. Sebaliknya, jika organ yang jarang dipakai akan mengalami perkembangan yang menurun dan lama-kelamaan akhirnya rudiment. Teori dari Lamarck ini salah setelah Weisman mengadakan eksperimen untuk membuktikan teori tersebut.
                Teori Charles Darwin menyatakan bahwa spesies sekarang merupakan turunan dari spesies sebelumnya dan evolusi terjadi melalui selksi alam serta adaptasi.

                Charles Darwin mengkaji burung finch di kepulauan Galapagos karena di sana terdapat 14 spesies burung yang memilki kekerabatan dekat antara jenis satu dengan lainnya. Perbedaan pada burung finch dilihat dari bentuk paruh yang menandakan jenis makanan yang mereka makan. Berdasarkan bentuk paruh, burung finch dapat dibedakan atas:
1.       Burung pemakan biji-bijian (paruh besar),
2.       Burung pemakan serangga (paruh kecil), dan
3.       Burung pemakan serangga dengan menggunakan alat (paruh lebih runcing).

                Melalui seleksi alam, Darwin memiliki beberapa teori:
1.       Spesies yang hidup sekarang berasal dari spesies yang hidup pada masa lalu dan
2.       Seleksi alam merupakan penyebab evolusi adaptasi

0 komentar:

Posting Komentar