Pages

Banner 468 x 60px

 

Kamis, 07 Februari 2013

Macam-Macam Satelit Di dunia

0 komentar
 
Spoiler for definisi


Satelit adalah suatu benda yang mengitari benda lain.Bulan adalah satelit alami bumi.Umumnya,apa yang dimaksudkan dengan satelit adalah sebuah objek ruang angkasa buatan manusia yang beredar mengelilingi bumi


Spoiler for Peluncuran

Ada ribuan satelit buatan manusia yang mengitari bumi.Mula-mula satelit buatan ini diluncurkan dengan roket.Sekarang mereka di bawa ke ruang angkasa dengan pesawat ulang-alik(Space Shuttle)
Quote:


Spoiler for sumber tenaga

Satelit-satelit teresebut dilengkapi dengan komputer,pemancar radio,kamera,dan sensor-sensor yang lain.Satelit perlu mendinginkan beberapa komponennya dan memanaskan bagian-bagian yang lainnya.Stasiun ruang angkasa memerlukan tenaga yang lebih besar untuk menjaga sistem penunjang kehidupannya
Pesawat ruang angkasa yang berada lama di ruang angkasa membangkitkan tenaga dengan energi matahari.Pesawat mendapatkannya menggunakan struktur seperti sayap besar yang disebut panel surya.Setiap panel tersusun atas banyak sel yang lebih kecil.Sel surya menghasilkan listrik saat terkena cahaya.Sel-sel tersebut dibuat dari bahan yang disebut silikon.
Quote:

Panel surya hanya bekerja saat menghadap ke matahari,dan satelit dilengkapi dengan sensor yang mencari arah cahaya.Motor menggerakan panel menghadap ke cahaya matahari.
Quote:

Satelit tidak selalu terkena cahaya matahari secara langsung.Dari waktu ke waktu satelit memasuki bayangan bumi.
Quote:

Saat tidak menerima cahaya,satelit menggunakan baterai.Baterai berfungsi menjaga sistem tetap berjalan hingga panel suryanya kembali.Baterai tersebut kemudian diiisi ulang menggunakan listrik dari panel surya
Panel surya terlalu besar untuk dibentangkan pada saat peluncuran,sehingga panel tersebut dilipat pada awal perjalanan.Setelah berada di orbit,panel dibuka dan mulai bekerja.Ketika panel tersebut tidak bekerja dengan benar,satelit tersebut tidak akan berguna



Spoiler for macam-macam satelit berdasar fungsinya


[spoiler=bulan]

Bulan adalah satu-satunya satelit alami Bumi, dan merupakan satelit alami terbesar ke-5 di Tata Surya. Bulan tidak mempunyai sumber cahaya sendiri dan cahaya Bulan sebenarnya berasal dari pantulan cahaya Matahari.


Spoiler for Satelit Astronomi


Digunakan untuk mengkaji planet,bintang,dan objek-objek jauh lain.Salah satu contohnya adalah Hubble satellite yang digunakan untuk memotret Red Rose Nebula.


Spoiler for Satelit Komunikasi


Digunakan untuk tujuan telekomunikasi,siaran radio,dan televisi yang menggunakan frekuensi gelombang mikro


Spoiler for Satelit Pantau Bumi (GPS Satellite)


Digunakan untuk navigasi dan pembuatan peta.Isyarat masa radio yang memungkinkan pengguna mengetahui kedudukan mereka dengan tepat melalui sistem GPS


Spoiler for Satelit Cuaca


Digunakan untuk mencatat dan mengirimkan maklumat tentang keadaan cuaca dan iklim bumi


Spoiler for Stasiun Angkasa


Merupakan satu "bangunan" yang memungkinkan manusia hidup di angkasa lepas.Stasiun ini telah dirancang khusus,sehingga didiami selama beberapa bulan bahkan beberapa tahun


Spoiler for Satelit Militer


Merupakan satelit komunikasi atau satelit pantau bumi yang digunakan untuk kepentingan militer


Spoiler for Satelit Kecil


Satelit super kecil yang diterbangkan di ruang angkasa.Seperti satelit mini(500-2000kg),satelit mikro (10-200kg) dan satelit nano (dibawah 10kg)
[/spoiler]

Spoiler for Orbit Geosinkron

Orbit Geosinkron (Geosynchronous Earth Orbit atau GEO)

Satelit di orbit Geosinkron mengelilingi bumi 24 jam sekali, sama dengan periode rotasi bumi. Ketinggian orbit ini 35786 km. Satelit yang banyak di tempatkan di sini adalah satelit komunikasi dan cuaca. Bila orbit Geosinkron berada tepat di atas ekuator bumi, orbit nya di namakan geostasioner.

Satelit di sini akan tampak diam jika di amati dari permukaan bumi. Para operator satelit komunikasi sangat menyukai orbit ini. Satelit yang seolah diam terhadap satu titik di bumi yang berputar, menyebabkan antena mengarah tetap ke satu arah dan tetap berhubungan dengan satelit. Coba lihat, antenna parabola selalu menghadap ke satu arah, bukan.? Karenanya orbit geostasioner sanat padat dengan ratusan satelit televisi, cuaca, dan komunikasi. Penempatan satelit harus cermat agar sinyal yang di kirim masing-masing satelit tidak saling mengganggu.




Spoiler for Orbit Polar

Orbit Polar

Orbit Polar mengelilingi bumi melewati kutub dan berbentuk lingkaran. Satelit di orbit ini di gunakan untuk keperluan navigasi, cuaca, dan pengamatan sumber-sumber daya alam. Satelit yang beredar di orbit polar tidak bisa memantau suat titik di bumi sacara terus menerus.




Spoiler for Orbit Matahari

Orbit Matahari

Satelit buatan ada juga yang di tempatkan di orbit planet lain atau di orbit heliosenrtik (menelilingi matahari). Satelit buatan yang di tempatkan di orbit matahari biasanya satelit sains. Misalnya wahana Deep Impact milik Amerika Serikat yang bertugas mengamati komet 9P/Tempel 1, juga wahana Stardust untuk emmpelajari komet Wild 2. Wahana lain yang masih aktif di orbit matahari antara lain Rosetta(Eropa) dan Nozomi (Jepang)




Spoiler for Orbit Rendah (Low Earth Orbit atau LEO)

Orbit Rendah (Low Earth Orbit atau LEO)

Ketinggian kurang lebih 300-1500 km dengan periode edar 2-3 jam. Orbit ini di gunakan penerbangan antariksa berawak antara lain misi Appolo, roket, Mercury, roket X-15, danpesaat ulang alik SpaceShipOne.


Spoiler for Orbit Menengah

Orbit Menengah

Ketinggiannya kira-kira 1500 km dengan periode orbit 12 jam. Satelit navigasi biasanya di tempatkannya di sini, misalnya Global Positioning System atau GPS (Amerika), Glonass (Rusia), dan Galileo (Eropa). Beberapa satelit komunikasi Telstar juga di tempatkan di sini.




Spoiler for HEO (High Earth Orbit/Highly Elliptical Orbit)

HEO (High Earth Orbit/Highly Elliptical Orbit)

High Earth Orbit (orbit tinngi) merupakan rbit yang ada di atas orbit geo-sinkronus (di atas 35786 km). Sedangkan orbit Highly Eliptical Orbit merupakan orbit yang bentuknya sangat lojong dengan perigee seiktar 1000 km dan apogee di atas 35786 km. Orbit ini biasanya sangt terpengaruh oleh bentuk bumi yang membuncit di bagian ekuator, serta oleh gaya tarik antara matahari dan bulan. Orbit HEO sangat di sukai untuk alat-alat pengukuran magnetosfer dan observatorium luar angkasa.

Satelit yang pernah berada di orit ini antara lain satelit militer Molniya 1-01 milik Rusia dan satelit navigasi Vela milik Amerika.

0 komentar:

Poskan Komentar