Pages

Banner 468 x 60px

 

Kamis, 21 Februari 2013

HEWAN INVERTEBRATA Filum Nemathelminthes dan Filum Anelida

0 komentar
Filum Nemathelminthes
Nemathelminthes adalah cacing yang berbentuk giling dan tidak bersegmen, hidup sebagai parasit, dan merupakan hewan tripoblastik pseudoselomata. Bentuk tubuhnya simetri bilateral, memiliki tiga lapis dinding [lapisan ectoderm (luar), endoderm (dalam), dan mesoderm (tengah) yang masih semu], dan telah memiliki saluran pencernaan yang sempurna. Sistem reproduksi secara seksual dan fertilisaasi terjadi secara internal.
Contoh Nemathelminthes:
·         Ascaris lumbricoides
·         Ancylostoma duodenale
·         Cacing loa
·         Enterobius vermicularis
·         Heterodera redicicola
·         Trichinella spiralis
·         Wuchereria bancrofti

                                       Daur Hidup Nemathelminthes

D.      Filum Anelida
Anelida merupakan cacing yang berbentuk gelang atau cincin, tubuh bersegmen dan telah memiliki tiga lapis dinding yang nyata (lapisan ectoderm, endoderm, dan mesoderm) sehingga kelas filum ini disebut tripoblastik selomata. Sistem transportasi dalam tubuh telah sempurna memiliki alat ekskresi berupa nefridium, sistem peredaran darah tertutup,serta memiliki mulut dan anus. Cacing ini mudah ditemukan di daerah tanah yang gembur dan tumpukan sampah tumbuh-tumbuhan.
Filum anelida ini dapat di kelompokkan menjadi tiga kelas, yaitu:
1.       Kelas Polychaeta, cacing yang memiliki banyak seta atau rambut. Contohnya, Arenicola, Eunice viridis, Lysidice oele, dan Nereis virens.
2.       Kelas Oligochaeta, cacing yang memiliki sedikit seta atau rambut. Contoh yang paling di kenal adalah cacing tanah, seperti Lumbricus terretris dan Pheretima sp. Contoh lainnya adalah Aelosoma, Nais dan Tubifex.
3.       Kelas Hirudinea, cacing yang tidak memiliki rambut atau seta. Contohnya, Hirudo medicianlis, Haemadipsa zeylanica (pacet), dan Hirudinaria javanica (lintah kuning).

                                        Struktur tubuh Anelida

0 komentar:

Poskan Komentar