Pages

Banner 468 x 60px

 

Kamis, 21 Februari 2013

HEWAN INVERTEBRATA Filum Echinodermata

0 komentar

Echodermata merupakan kelompok hewan tripoblastik selomata yang memiliki duri pada seluruh kulit dan berkaki amburaklar (kaki buluh). Habitatnya di laut. Hewan ini memakan sampah yang ada di laut sehingga laut menjadi bersih. Hewan ini memiliki sistem pencernaan sederhana dan sistem saraf dengan cincin bercabang yang menuju ke arah radial.
Filum echinodermata ini dapat dikelompokkan menjadi beberapa kelas:
1.       Kelas Asteroidea, merupakan hewan memiliki kaki amburaklar yang terdapat di sepanjang lengannya. Tubuh berbentuk bintang. Penyokong tubuh di susun dari lempengan kapur yang terikat jaringan ikat. Sistem pencernaan berupa mulut, perut, usus, dan anus. Sistem ekskresi terjadi pada amebosit yang terdapat pada bagian cairan sedom. Respirasi terjadi pada gelembung insang (branchia dermalis) pada papula. Alat reproduksi bercabang-cabang dan alat kelamin terpisah. Contohnya, Asteria sp. (bintang laut merah), Cullitin sp., dan Lincia sp. (bintang laut biru).
2.       Kelas Crinoidea, berbentuk seperti bunga lilia atau bakung yang hidup di dasar laut. Lengan mirip daun dan disebut pinnulliae yang berjumlah lima atau kelipatannya. Hewan ini memiliki mulut yang dikelilingi oleh tentakel yang berfungsi menangkap makanan. Crinoidea memiliki daya regenerasi tinggi. Jika bagian lengannya putus, lengan baru akan tumbuh kembali. Reproduksi dilakukan secara seksual. Contohnya, Antendon sp., Holopus, Metacrinus, Ptilocrinus pinnatus.
3.       Kelas echinoidea, berbentuk bundar, tidak berlengan, dan memiliki pedaselaria. Hewan ini memiliki mulut yang dikelilingi lima gigi yang kuat dan tajam. Reproduksi dilakukan secara seksual. Beberapa jenis hewan ini hidup di sela-sela bebatuan. Contohnya, Arbacia punctulata, Dioderma setosum, Echinos cardum, Echinos discus, Echinos esculantus, dan Tripneustes gratilla.
4.       Kelas Holothroidea, sering disebut mentimun laut dan memiliki tubuh lunak memanjang. Biasanya hidup di dasar laut dengan mengubur diri dalam lumpur atau pasir. Reproduksi dilakukan secara seksual. Contohnya, Bathylotes, Cucumaria sp., Holothuria atra, Psolus sp., Stichops sp.
5.       Kelas Ophiuroidea, biasa disebut bintang ular. Bentuk tubuh seperti bola dan memiliki daya regenerasi tinggi. Pada lengan terdapat kaki amburaklar. Reproduksi dillakukan secara seksual. Sisa makanan dikeluarkan kembali melalui mulut. Contohnya, Gorgonocephalus, Ophiothix, dan Ophioplacus sp.

0 komentar:

Posting Komentar