Pages

Banner 468 x 60px

 

Selasa, 11 Desember 2012

jawaban ilmu filsafat

0 komentar

Soal
1.      Jelaskan pengertian dan ruang lingkup filsafat geografi ?
2.      Jelaskan karakteristik pemikiran geografi moderen ?
3.      Jelaskan hubungan sekolah, paradigma dan pendekatan geografi?
4.      Sebutkan sebuah difinisi geografi?
5.       Buat suatu contoh pendekatan dan analisa ekologi dalam geografi ?


Jawaban
1.       Jika dilihat dari sudut pandang etimologi filafat dapat diartikan sebagai suatu hal yang sifatnya menarah tentang kebijaksanaan, atau sebuah pandangan dan pemikiran yang bijaksana. Sedangkan pengertian dari filsafat geografi merupakan cara pandang atau pemikiran-pemikiran yang mendalam dan bijaksana mengenai pengetahuan-pengetahuan tentang bumi
Sedangkan ruang lingkup dari filsafat gografi tersebut ada dua yaitu geografi fisik dan geografi manusia (sosial). Fisik meliputi bentangan alam atau benda-benda mati yang berada di bumi ini seperti atmosfer, geosfer, hidrosfer, litosfer sedangkan manusia meliputi keberadaan manusia di bumi ( antrofosfer dan biosfer).

2.      Karakteristik pemikiran geografi moderen, dimana geografi  dipandang sebagai sebuah disiplin ilmu ilmiah yang menggolongkan fakta-fakta menurut jedis obyek yang diteliti hal tersebut berupa pengetahuan sistematik, selalu menghubungkan dengan waktu dan membahas mengenai fakta-fakta  yang berasosiasi dalam ruang. jadi ketiga haltersebut sangat penting dalam mengkaji ilmu geografi. Inti dari pemikiran ini yaitu geografi merupakan ilmu yang mempelajari sebuah fakta-fakta atau kenyataan yang terjadi baik itu persamaan dan perbedaan fenomena-fenomena yang terjadi di bumi ini.

3.      Hubungan sekolah, paradigma dan pendekatan geografi sekolah merupakan tempat untuk mengemukakan pandangan-pandangan tentang metode disiplin ilmu yang dianutnya. Dan di sekolah ini terdiri dari pelopr sekolah yang pengikutnya merupakan sebuah ilmuan-ilmuan yang mengembangkan suatu disiplin ilmu tersebut. Di dalam sekoah akan muncul pandangan-pandangan dan fakta-fakta baru. Dalam geografi perubahan-perubahan cara andang atau fakta fakta baru pergeseran kearah yang lebih baik itu dikenal dengan paradigma ilmu. Didalam paradigma itu  memerlukan pendakatan pendekatan geografi agar paradigma ilmu tersebut merupakan hal berupa fakta.


4.      Definisi geografi :
Berdasarkan etimologi geografi berasal dari dua suku kata geos dan grafein dimana geos berarti bumi dan grafein berarti lukisan atau gambaran, jadi geografi berarti ilmu yang mempelajari mengenai gambaran tentang bumi baik itu gambaran mengenai fisiknya maupun sosial.
Menurut seminar lokakarya geografi berarti ilmu nyang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena-fenomena geosfer dimana dikaji dalam konteks keruangan , kelingkungan dan kewilayahan.  Dari difenisi-definisi lain menyebutkan bahwa geografi merupakan study kebumian, geografi merupakan kajian ilmu yang membahas hubungan manusia dengan alam,
Dari semua difinisi itu dapat disimpulkan bahwa geografi merupakan study dan ilmu yang dimana obyek kajiannya berupa aspek fisik dan manusia ( sosial) bumi yang dikaji dalam konteks keruangan, kelingkungan dan kewilayahan.

5.      Contoh pendekatan dan analisa ekologi geografi
Pendekatan didalam geografi ada tiga yaitu pendekatan keruangan, kelingkungan (ekologi) dan kewilayahan. Didalam membahas sesuatu misalnya saja membahas mengenai banjir, untuk geografi maka banjir tersebut dapat dikaji dari ketiga pendkatan tersebut, di mana bajir itu terjadi? Apa dampak bagi lingkungan? Dan sejauh mana banjir itu terjadi.
Analisis ekologi dalam geografi, membahas mengenai interaksi organisme hidup dengan alam. Organisme pasti membutuhkan lingkungan untuk hidup, semua makanan dan tempan berpijak ada di lingkungan. Dalam interaksi antara organisme, antrofoser, hidrosfer litosfer dan anterposfer manusia adalah hal yang paling terpenting, karena manusia merupakan organisme yang mampu mengubah lingkungannaya. Ekologi fisik , ekologi biologis dan ekologi sosial.
Contoh : didalam pegunungan seharusnya di daerah pegunungan itu terdapat hutan, kaena kedatangan manausia lingkungan hutan tempat tinggal berbagai jenis organisme diubah oleh manusia menjadi perkebunana.

0 komentar:

Posting Komentar