Pages

Banner 468 x 60px

 

Minggu, 22 Juli 2012

Ukuran Kecepatan Akses Internet

0 komentar

Pada Internet, informasi yang telah dikirim akan mengalir dari satu komputer ke komputer yang lain dengan kecepatan tertentu. Inilah yang disebut dengan kecepatan transfer data atau bandwidth. Bandwidth atau bit rate dinyatakan dengan satuan bits per second (bps atau bit/s) atau bit per detik. Satuan bps kadangkala ditulis sebagai bit/s (bukan bits/s).
Ada juga yang menulisnya menjadi b/s (bukan B/s). Perbedaan huruf dapat mengakibatkan perbedaan makna. Satuan bandwidth yang banyak digunakan adalah bit/s dan bps. Oleh karena itu, dalam buku ini akan menggunakan satuan bit/s dan bps. Berikut ini disajikan contoh-contoh penulisan bandwidth.
1.000 bit/s = 1 Kbit/s = satu kilobit per second
1.000.000 bit/s = 1 Mbit/s = satu megabit per second
1.000.000.000 bit/s = 1 Gbit/s = satu gigabit per second
1.000.000.000.000 bit/s = 1 Tbit/s = satu terabit per second

Teknologi paket radio yang digunakan di awal perkembangan Internet di Indonesia hanya mampu mengalirkan data maksimal sebesar 1200 bps. Artinya, setiap detik hanya dapat dikirim data sebanyak 1200 bit. Sementara teknologi yang digunakan saat ini sudah mampu
mengalirkan data di atas 2 Mbit/s ( 2 Mega bits per second) atau 2 juta bit per detik.
Ukuran bandwidth sangat bergantung pada teknologi yang digunakan dan beberapa faktor lain. Sebagai contoh, informasi yang mengalir melalui kabel tembaga cenderung akan lebih lambat dibandingkan informasi yang melalui serat optik.

0 komentar:

Posting Komentar