Pages

Banner 468 x 60px

 

Jumat, 20 Juli 2012

pengertian geomorfologi

0 komentar

Geomorfologi adalah ilmu yang mempelajari bentukan lahan, proses-proses yang mempengaruhi bentukan lahan, ginesis bentukan lahan  serta hubungan bentukan lahan dengan dengan lingkungan dalam ruang dan waktu.(mangunsuharjo dalam enjasta 1993). Geomorfologi mennggambarkan perwujudan permukaan bumi sebagai hasil pengangkatan dan penurunan wilayah secara geologi yang
lasimnya di sertai erosi dan sedimentasi sehingga terbentuk suatu pulau-pulau, dataran yang luas yangberpegunungan  dengan lereng-lereng tererosi lembah-lembah dan dataran aluvialnya.
Geomorfologi juga menyangkut bentuklahan terkait erosi dan pengendapan, penggunan lahan, tebal tanah ketersediaan air dan vegetasi yang dominan. Berdasarkan pengamatan di lapangan serta dengan didukung data peta geologi, peta tanah , peta penggunaan lahan dan peta lereng dapat ditentukan keadaan gemorfologi lahan di desa belancan. Bentukan lahan asal yang ada di desa  di desa belancan merupakan bentukan lahan denudasional berupa perbukitan terdenudasi dengan relief yang bergelombang dengan kemiringan lereng 20-40% dan litologi vulkanis gunung batur. dengan jenis tanah regosol berhumus dengan proses erosi terkikis sedang. oleh kerena itu lahan yang ada di desa belancang memeang memerlukan konservasi lahan agar dapat digunakan sebagai aktifitas pertanian.

0 komentar:

Poskan Komentar