Pages

Banner 468 x 60px

 

Senin, 30 Juli 2012

Mekanisme Erosi

0 komentar

Rahim  (2006: 28)  erosi di definisikan  sebagai suatu peristiwa  hilang atau terkikisnya  tanah atau bagian tanah dari suaru tempat yang terangkut dari suatu tempat ke tempat yang lain, baik disebabkan oleh pergerakaan air, angin atau es.
Pengikisan tanah yang terjadi ini  tidak termasuk ke erosi internal (di dalam permukaan tanah) hanya pengikisan terjadidi permukaan tanah. Di daerah teropis seperti indonesia erosi atau pengikisan tanah yang terjadi kebanyakan di sebabkan oleh air hujan.

Erosi air timbul apabila aksi dispersi dan tenaga pengangkut oleh air hujan yang mengalir pada permukaan. Jadi erosi dapat terjadi minimal dengan satu tahapan yakni dispersi dengan air hujan atau oleh air limpasan. Adapun tahapan-tahapan erosi  meliputi : 1).  Benturan air hujan dengan tanah. 2). Percikan tanah oleh air hujan ke semua arah. 3) penghancuran bongkahan tanah oleh air hujan. 4). Pemadatan Tanah. 5). Penggenangan air di permukaan. 6.) Pelimpasan air karena adanya penggenangan dan kemiringan lahan. 7)  pengangkutan partikel terpercik dan masa tanah  yang terangkut oleh air hujan (Rahim, 2006: 28).
Dari tahapan-tahapan erosi di atas terlihat erosi mulai dari benturan air hujan yang menakibatkan percian partikel tanah ke semua arah. Sika air sudah menggenangi permukaan tanah maka pengangkutan partikel tanah terjadi disebabkan oleh limpasan permukaan.

0 komentar:

Posting Komentar