Pages

Banner 468 x 60px

 

Selasa, 24 Juli 2012

jenis tanah di desa belancan kintamani

0 komentar
Tanah merupakan lapisan atas bumi yang terdiri dari bahan padat, air dan jasad-jasad hidup yang merupakan medium pertumbuhan untuk tanaman. Dengan demikian tanah dapat dipandang  sebagai alat untuk produksi untuk menghasilkan tanaman-tanaman yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.
Berdasarkan interpretasi Peta Tanah Tinjau Provinsi Bali tahun 1970 dan Dilihat dari geologi dan
tanahnya, wilayah Desa Belancan terdapat macam tanah regosol berhumus, hal tersebut juga dibuktikan dengan uji medan kelapangan. Tanah regosol berhumus ini memiliki struktur pasir berdebu sampai pasir berliat dari kesuburan tinggi sampai tingkat kesuburanya rendah dan memiliki warna hitam sampai kecoklat-coklatan. Tanah rogosol berhumus yang ada di Desa Belancan berasal dari batuan induk abu vulkan intermedian. Kondisi tanah di desa belancan bila dilihat dari keadaan fisiografisnya termasuk tanah kerucut dan lunggur vulkan dengan bentuk wilayah yang bergelombang.
Segala aktifitas pertanian sangat di pengaruhi oleh kondisi tanah yang berada di daetahnya itu sendiri.  Tanah regosol yang ada di Desa Belancan merupakan tanah yang berasal dari debu vulkanik Gunung Batur biasanya bertekstur kasar. Karena teksturnya berpasir berdebu maka tanah regosol ini sangat peka terhadap erosi karena butir-butir tanahnya mudah terangkut oleh air hujan apabila berada di daerah miring diatas 10% dengan memiliki intensitas hujan yang cukup tinggi lebih dari 2000 mm/tahun

0 komentar:

Posting Komentar