Pages

Banner 468 x 60px

 

Kamis, 14 Juni 2012

Mengenal Port dan Konektor

0 komentar
Casing, monitor, keyboard, mouse, serta semua peralatan dihubungkan dengan cara khusus. Alat yang digunakan untuk menghubungkan semua perangkat adalah kabel. Kabel memiliki dua bagian, yaitu bagian ujung dan pangkal. Pada ujung dan pangkal kabel dipasangkan alat berupa konektor (connector). Konektor ini ditancapkan atau dipasangkan pada bagian bernama port. Port dapat terletak pada casing, monitor, printer, dan scanner. Konektor yang digunakan pada komputer berbeda-beda. Perbedaan konektor mengakibatkan perbedaan port. Jenis port serta konektor perlu Anda perhatikan. Hal ini berguna saat Anda harus merangkai perangkatperangkat sehingga terbentuk satu unit komputer. Agar lebih paham mengenai hal ini, simak beberapa jenis port berikut.
a. Universal Serial Bus (USB) Port
Jenis port USB (port universal serial bus) digunakan sebagai tempat menancapkan konektor USB. Port ini biasa digunakan untuk menghubungkan casing dengan printer, flash disk, external hard disk,
dan scanner. Keyboard dan mouse yang diproduksi akhir-akhir ini
menggunakan port USB pula.
Di pasaran dikenal beberapa jenis port USB, misalnya port USB type A, port USB type B, port USB mini-A, dan port USB mini-B.
b. Ethernet Port
Port jenis Ethernet digunakan untuk membangun jaringan. Jaringan yang terbentuk dapat berupa jaringan lokal maupun internet.
c. Parallel Port
Jenis port ini digunakan untuk menghubungkan printer dengan casing. Printer yang menggunakan port ini biasanya berupa printer model LPT/1.
d. Video Graphics Array (VGA) Port
VGA port digunakan untuk menghubungkan casing dan monitor. Konektor dan port VGA dapat terpasang kuat karena konektor VGA disertai baut pengencang.
e. PS/2 Port
Port PS/2 (baca: pi es tu) digunakan untuk menghubungkan mouse serta keyboard.
Mouse dan keyboard yang menggunakan port jenis ini disebut mouse PS/2 dan keyboard PS/2.
Port PS/2 masih banyak digunakan meskipun sekarang telah beredar mouse serta keyboard
yang menggunakan konektor USB. Letak port untuk keyboard berdampingan
dengan port mouse. Untuk membedakan dua port ini, Anda dapat melihat warna port. Port untuk
keyboard berwarna ungu, sedangkan port untuk mouse berwarna hijau muda.
f. International Electronical Commission (IEC) Port
Port jenis ini digunakan untuk mengalirkan arus listrik ke dalam monitor maupun casing. Konektor IEC memiliki tiga batang logam.
g. Tip-Ring-Sleeve Port (TRS)
Port jenis ini dapat digunakan untuk menghubungkan media masukan maupun keluaran. Media masukan misalnya headset multimedia. Media keluaran misalnya speaker. Port TRS berpasangan dengan konektor TRS. Konektor TRS berbentuk silinder meruncing

0 komentar:

Poskan Komentar