Pages

Banner 468 x 60px

 

Sabtu, 05 Mei 2012

CBSA

0 komentar

CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) sebagai istilah yang sama maknanya dengan Student Aktive Learning (SAL). CBSA bukanlah sebuah “ilmu” atau “teori”, tetapi merupakan salah satu strategi partisipasi peserta didik sebagai subjek didik secara optimal sehingga peserta didik mampu merubah dirinya (tingkah laku, cara berpikir, dan bersikap) secara lebih efektif dan efisien.
            Dalam dunia pendidikan dan pengajaran CBSA bukanlah sebagai hal yang baru. Malahan, dalam teori pengajaran CBSA merupakan konsekuensi logis dari pengajaran yang semestinya. Dan, untuk memenuhi prinsip-prinsip pengajaran, aktivitas, individualitas, kebebasan, kerja sama, dan prinsip pengajaran lainnya, kehadiran strategi CBSA merupakan jawaban tepat dan wajar.
            Sebenarnya, setiap terjadi suatu event pengajaran hampir tidak ditemukan tanpa keterlibatan dan keaktifan peserta didik. Hanya permasalahannya adalah terletak pada bobot atau kadar keterlibatan dan keaktifan belajar peserta didik. Terdapat keterlibatan dan keaktifan peserta didik dalam proses pengajaran dalam kategori tinggi, sedang, atau rendah. Jika dibuat suatu skala keaktifan 0 -10 maka setiap proses pengajaran tentu ada dalam skala 1 – 10. Tidak ada skala keaktifan “nol” seberapa pun keaktifan itu. Ada pun kefadiran CBSA sebagai sebuah alternatif strategi pengajaran dimaksudkan untuk mempertinggi atau mengoptimalkan aktivitas dan keterlibatan peserta didik dalam proses pengajaran/belajar.

0 komentar:

Posting Komentar